Masalah-Masalah Aplikasi Desktop EMIS

 Masalah-Masalah yang Terjadi di Aplikasi Emis Desktop dan Pemecahannya

1.

Ada beberapa sebab:
  1. Aplikasi pernah digunakan untuk login sebuah lembaga denga nilai NSM tertentu. Solusinya adalah menggunakan aplikasi baru (fresh) yang belum digunakan untuk login.
  2. NSM lembaga tersebut memang belum terdata di master database EMIS. Solusinya adalah menambahkan id lembaga ke dalam Aplikasi Pendiirian Madrasah, sehingga nanti saat update Semester Genap sudah bisa melakukan Update Data.
 2.

Hal ini diakibat karena format region komputer anda belum di setting menjadi English (United States).
 Solusi :
Sesuaikan Regional Setting Komputer melalui Control Panel à Region, Pilih Tab Format dan Pastikan Format dalam bentuk English (United States).


3.
Hal ini diakibat File excell yang akan diupload masih terbuka.
Solusi :
Tutup excel Emis dan lalukan upload ulang, jika tetap mengalamin kesalahan di seperti di gambar buka excel emis dan lakukan save as ulang atau save ke excel 2003.

4.

Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat
Solusi :

(perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan adalah sebagai berikut ini:
Format dengan nilai E+17 itu salah..Seharusnya tertulis seperti deret text biasa yakni 123456789012345678.

 5.

Hal ini diakibatkan perilaku Copy Paste dari data yang sudah ada dan kurang cermat
 Solusi :
(perhatikan Header excell dan kolom lainnya), Contoh kesalahan adalah sebagai berikut ini:

Kolom Periode Menerima BSM Seharusnya tertulis jumlah frekuensi bukan Tahun, contoh 1 atau 2 atau juga bisa Nama Siswa yang terlalu Panjang.


6.

Hal ini diakibatkan, ketidak sesuaian antara type OS dengan engine acces. Kasus diatas menyatakan engine OS type 64 bit tidak ter”tanam” di dalam komputer.
Solusi:
Lakukan ceking seperti proses ceking (Type Engine Access), Pastikan ODBC (64-bit) tertanam driver accesnya. Bila yang tertanam driver acces 32 bit (lihat dibagian ODBC (32-bit)), maka driver tersebut harus di uninstall  terlebih dahulu.

7.

Hal ini diakibatkan, memory yang “terkuras” akibat beberapa hal, a.l: berjalannya beberapa aplikasi secara bersamaan, atau juga bisa diakibatkan oleh antivirus/firewall yang bekerja, atau bisa juga di sebabkan oleh virus yang “memakan” memory.
Solusinya: matikan semua aplikasi dan antivirus/firewall yang sedang bekerja. Kalo masih terjadi hal sama setelah semua dimatikan berarti HD komputer sebaiknya diinstall ulang dengan OS baru.


 8.

Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi.
Solusinya: Menggunakan Aplikasi terbaru.

9.

Hal ini diakibatkan, kesalahan operasi aplikasi dalam mentransfer “pengindex”-kan. Biasanya akibat kesalahan isi data, contohnya tanggal lahir.
Solusinya: Jangan Pernah Copy Paste dalam pengisian data.

10.

Hal ini diakibatkan, “ketidaksempurnaan” software office terutama excell.
Solusinya: Install ulang office.

11.

Hal ini diakibatkan terdapat “kesalahan” sehingga secara terpaksa OS menutup operasional aplikasi atau aplikasi “TIDAK MAU BERJALAN”.
Solusinya: proses cek  .netframework di lakukan ulang, jika memenuhi syarat, lakukan proses cek type engine access, jika sudah memenuhi syarat, salah satu trik berikut bisa dilakukan:




Buka folder aplikasi, jalankan file ekstensi aplication (contohnya Validasi MA) dengan klik kanan dan pilih Run as Administrator seperti gambar diatas.  Setelah aplikasi terbuka jalankan aplikasi seperti apa adanya.
Atau bisa juga dengan cara lain men-”Kompatibel”-kan aplikasi tersebut dengan OS yang dimiliki. Caranya adalah jalankan file ekstensi aplication (contohnya Validasi MA) dengan klik kanan dan pilih Propertis dan pilih tab Compatibility, sehingga akan terbuka tampilan sbb:
Pilih jenis OS yang tersedia di sana. Atau bisa juga dengan meng klik tombol      






                      



Pilih salah satu dan ikuti perintah di jendela berikutnya.    

Sekian Terima Kasih.

Comments

Popular posts from this blog

DAFTAR AKUN SDM PDSPK

PENGAKTIFAN KEMBALI AKUN OPERATOR MADRASAH di SIMPATIKA